Wednesday, July 9, 2008

Meskipun kota besar yg ramai dan padat penduduknya, Jogja memang terasa membosankan kalau kita tidak tahu dimana tempat tongkrongan asyik tempat ngumpul sambil nyantai bareng temen-temen, pacar, atau keluarga.
Apalagi untuk mereka yg berasal dari kota-kota lebih besar dari luar jogja, hal tersebut cukup membuat mereka mengerenyitkan dahi karena kebingungan cari tempat nongkrong. Ada juga mereka yg berasal dr luar kota yg belum mengenal jogja, apalagi yg belum ada teman orang jogja, pasti bingung mau kemana. Dan alternatifnya paling-paling jalan-jalan ke mall-mall atau paling taunya cuma jalan malioboro dan kaliurang aja...

Makanya, kali ini dalam blog saya ini , saya akan mengajak kalian semua yg berjiwa muda untuk menjamah tempat atau ruang publik yg biasa digunakan kawula muda sbg tempat nongkrong untuk ngumpul bersama bareng temen-temen.

Salah satu tempat yang menarik dikunjungi adalah Boulevard Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di bagian terdepan universitas tersebut. Selama puluhan tahun, tempat ini telah dijadikan ruang menggelar kegiatan anak muda, kesenian dan olah raga. Dari pagi hingga malam, tempat ini senantiasa berdenyut namun dengan tawaran yang berbeda. Begitu pula setiap harinya, mulai Senin hingga Minggu.
Saat petang adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya. Biasanya, banyak anak muda yang menggunakan tempat ini untuk menggelar kegiatan breakdance hingga skate. Komunitas bikers BMX dan komunitas berbagai jenis motor pun sering menggunakan tempat ini untuk berkumpul. Sambil menonton kegiatan mereka, anda bisa menikmati beragam jajanan yang ditawarkan.
Anda bisa berekreasi sambil membugarkan raga di tempat ini. Biasanya, setiap Minggu pagi Boulevard UGM dimanfaatkan untuk jogging, bersepeda santai dan bermacam olahraga lainnya. Usai rekreasi kebugaran itu, anda bisa menikmati hidangan menarik yang dijajakan, seperti Bubur Ayam, Nasi Liwet Solo, Lontong Opor dan beragam minuman.
Nuansa serupa bisa dijumpai bila berjalan ke timur dari kawasan Benteng Vredeburg, tepatnya di wilayah Shopping. Di sana, anda bisa duduk santai menikmati suasana malam yang dihiasi lampu-lampu kota. Sementara, dari siang hingga sorenya, anda bisa menjajaki suasana pasar buku Shpping yang telah lama dikenal kelengkapannya. Di saat-saat tertentu, sebuah galeri seni yang terdapat tak jauh dari situ menjadi tempat yang tepat untuk menikmati karya seniman Yogyakarta.

Untuk anda yg suka tempat yg modern sbg tempat nongkrong, anda bisa coba ke SNAP Cafe n Resto.
Terletak strategis di jalan Gejayan No. 55, tempat yang sering untuk nongkrong kawula muda dan berbagai komunitas di Jogja ini memang menawarkan beberapa kemudahan dan fasilitas yang jarang dimiliki tempat lain.
Dengan kapasitas sekitar 120 tempat duduk, tempat ini juga menawarkan beberapa fasilitas menarik yang akan memuaskan Anda. Beberapa diantaranya adalah musik, TV, Live music dl, akan membuat Anda menyesal karena selain mendapat tempat yang enak, fasilitas dan teman baru pasti akan Anda dapatkan juga.
Tempat ini juga cocok bagi anda yg ingin mengajak keluarga, teman kuliah, atau mungkin teman kantor sbg tempat makan siang anda. Karena tempat ini selain bernuansa taman pd bagian depannya, ada juga yg berada di dalam rumah yg terasa kekeluargaan, dan suasana romantis di bagian balkonnya.

Untuk anda yg ingin mencoba nongkrong di pinggir jalan sambil lesehan atau duduk di angkringan, anda bisa coba ke Kopi Tubruk "Joss" Lik Man yg bertempat di samping stasiun tugu. Kopi angkringan ini makin ramai dikunjungi orang bila tengah malam. Selain minum kopi, anda jg bisa makan kucingan yg jg mangkal disana.
Ada juga angkringan yg enak, tapi tempatnya di dalam rumah, sebelah barat kraton sekitar 30 meter kalau dari alun-alun kidul ada warung unik yg hanya buka menjelang senja, namanya Warung Senja.

Bagi anda yg gemar membaca dan suka berinteraksi dg para pecinta buku bisa mengunjungi Deket Rumah Cafe, yg ada di jln Sagan serta Coffee Break Cafe yang berlokasi di di Jalan Kaliurang. Beragam buku dengan berbagai tema, mulai dari bacaan ringan seperti komik hingga buku yang mengusung tema filsafat bisa didapatkan di kafe itu sehingga akan memuaskan hasrat membaca anda.Di Deket Rumah, anda bisa membaca buku-buku sastra yang dikarang oleh penulis lokal maupun manca.

Jika ingin menikmati kopi sambil mengenal lebih dekat Yogyakarta lewat karya para senimannya, anda bisa mengunjungi Via-Via Cafe yang terletak di Prawirotaman, V-Art Gallery and Cafe yang ada di Jalan Solo dan Djendelo Cafe yang berlokasi di ujung utara Jalan Gejayan. Kafe-kafe itu berfungsi ganda, selain sebagai tempat menikmati kopi juga sebagai ruang pameran seni.

Kemudahan berselancar di dunia maya dan berinteraksi dengan para anggota komunitas cyber adalah tawaran lain yang diusung Lor Kali Cafe yang terletak di dekat Jalan Gejayan dan Kedai Kopi yang ada di Selokan Mataram. Lewat fasilitas komputer yang tersambung jaringan internet ataupun fasilitas hotspot, di Kedai Kopi anda bisa berselancar di dunia maya secara gratis.

Ada jg Kinoki yang terletak di Jalan Suroto Kotabaru juga menyajikan beragam menu kopi dan suasana open space yang nyaman. Selain memanjakan anda dengan kopi, tempat yang bermotto 'bukan bioskop, bukan coffee shop' itu juga menjadi tempat berkumpul para seniman Yogyakarta yang bergerak di bidang perfilman.Setiap hari Kinoki menyuguhkan film-film menarik, mulai yang telah memenangkan berbagai festival film hingga film-film indie yang digarap oleh sineas-sineas muda berbakat Indonesia. Selain itu, Kinoki kadang juga menjadi tempat menggelar pembacaan cerita pendek, puisi, obrolan ringan dan bahkan peragaan busana.

Ada juga bagi anda yg menyukai kopi yg kental bisa datang ke kawasan Gowok, tepatnya sebelah selatan Plaza Ambarukmo juga terdapat tempat berkumpul yang cukup menyenangkan, yaitu Warung Kopi Blandongan. Sempat mengusung semboyan menyelamatkan bangsa dari kekurangan kafein, warung kopi ini menyediakan kopi istimewa yang diolah langsung dari biji yang diperoleh pengelola warung. Semboyan yang diusung warung ini memang dapat dibuktikan dari rasa kopinya. Kopi Blandongan memiliki kekentalan dan rasa pahit yang pas, disajikan dalam porsi yang tepat dalam cangkir kecil. Kekentalan kopinya bahkan bisa dilihat dari ampas kopi yang tertinggal dalam cangkir ketika anda telah selesai menikmati kopi yang disajikan.

Bagi anda pecinta teh poci anda bisa singgah di warung Poci Pak Min, yang terletak di dekat Sekolah Menengah kesenian Yogyakarta, sebelah barat daya kraton. Sesuai nama warungnya, tempat itu menyediakan menu utama teh poci, yaitu teh yang diseduh di dalam poci dan dihidangkan dalam gelas tanah liat berisi gula batu. Biasanya teh itu sangat kental dan kuat aroma melatinya.Berkonsep seperti angkringan, Poci Pak Min menawarkan hidangan lain yang tak kalah nikmat, seperti nasi oseng dengan lauk gorengan tempe dan tahu, sate dan sebagainya. Harganya pun cukup murah, dengan mengeluarkan uang kurang dari Rp 10.000,00 anda bisa mencicipi nikmatnya teh poci sekaligus mentantap hidangan yang dijajakan di tempat itu.

Nah, untuk sementara ini cukup segini dulu info yg bisa saya berikan untuk anda. Semoga anda bisa menikmati mengunjungi tempat-tempat yg saya kasih tau ya...
Selamat berkelana!


2 comments:

Rental said...

asiiik...http://sewarentalkamerayogya.blogspot.com/

Rental said...

tempat persewaan kamera paling murah di jogja ? sms : 0896-7385-3282 http://sewarentalkamerayogya.blogspot.com/